Rahasia Manfaat Buah Semangka | Kesehatan

WISATAMUSIK – Siapa yang tidak tahu dengan buah semangka? Tentu semua orang mengetahui akan buah dengan kulit berwarna hijau dan daging buahnya yang berwarna merah. Buah semangka mempunyai nama latin citrullus lanatas. Buah yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi yaitu hingga 93%, sangat cocok dinikmati pada saat cuaca panas untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa haus. Kandungan kalium dan kalsium pada buah semangka bisa digunakan untuk menghilangkan kolik.
Selain bisa menghilangkan rasa haus dan menyegarkan tubuh, buah semangka mempunyai manfaat yang sangat banyak, salah satunya mencegah penuaan dini.

Kandungan Buah Semangka :
Dalam 100 gram buah semangka terdapat :
-0,9 gram Protein.
-11,6 gram Karbohidrat.
-876 IU Vitamin A.
-10,8 mg Kalsium (Ca).
-12,5 mg Vitamin C.
-15,4 mg Magnesium (Mg).
-16,9 mg Fosfor (P).

Berikut ini penjelasan tentang manfaat yang ada pada buah semangka :

Rahasia Manfaat Buah Semangka

Buah semangka bermanfaat untuk meghilangkan flek hitam pada wajah dan menjadikan kulit menjadi halus. Klorofil yang terdapat pada kulit semangka sangat baik untuk kelenjar dan darah serta mampu mengatasi berbagai keluhan penyakit, yaitu :

1# Meningkatkan Libido Pria.

Kandungan Likopen dalam buah semangka bisa bermanfaat untuk para pria yang sudah menikah. Buah semangka bisa berguna untuk meningkatkan kesuburan pada pria dan membangkitkan gairah seks.
Menurut penelitian, senyawa sitrulin yang terkandung dalam buauh semangka mempunyai efek afrosidiak yang hebatnya sama dengan viagra, hanya saja tidak memiliki efek samping.

2# Membantu Diet

Kandungan bebas lemak, kadar air yang tinggi dan kadar gula terbatas dalam buah semangka sangat bagus untuk membantu diet Anda. Buah semangka juga mempunyai sifat yang mengenyangkan dalam lambung, jadi tambah cocok untuk membantu diet.

3# Mencegah Tekanan Darah Tinggi, Menurunkan Kolesterol dan Stroke

Buah semangka sangat baik untuk penderita penyakit hipertensi. Kandungan magnesium, air dan kalium yang sangat tinggi dapat menurunkan dan menetralisasi tekanan darah. Adanya karotenid dalam buah semangka juga bisa mencegah pembekuan pada pembuluh vena maupun dinding arteri dan bermanfaat menbantu mengurangi tekanan darah.

Baca juga :

4# Mencegah, Menahan dan Meperkuat Kerja Jantung

Kandungan melimpah karotenoid dan lypocene yang terdapat dalam buah semangka bisa meningkatkan fungsi jantung.

5# Mencegah Anti Aging (Penuaan Dini)

Vitamin C dan betakaroten yang terdapat pada buah semangka bisa membantu menjaga sel tubuh agar tetap sehat. Betakaroten atau sering disebut dengan antioksidan juga sangat membantu tubuh agar tetap muda dan bisa mencegah penuaan dini. Kandungan likopen juga bisa membuat wajah tetap bercahaya dan segar. Semangka juga sangat membantu bagi para lansia untuk mempertajam daya ingat dan kemampuan mental.

6# Memperlancar Air Seni

Kandungan air yang sangat tinggi pada buah semangka bisa memperlancar keluarnya air seni sehingga sangat baik untuk Anda yang mengalami sulit buang air kecil.

7# Menurunkan Demam

8# Mencegah Sariawan

9# Membersihkan Organ Ginjal

Kalium yang banyak dalam buah semangka bisa membantu membersihkan racun-racun pada ginjal. Buah semangka juga bisa mengurangi jumlah asam urat dalam darah, jadi bisa mengurangi risiko terkena batu ginjal dan kerusakan jantung.

10# Mengobati Penyakit Diabet Tipe 2

Bagi yang mempunyai penyakit diabetes hendaknya melakukan diet mengurangi kadar gula. Buah semangka bisa menjadi alternatif karena kadar gula yang rendah tapi rasanya manis sehingga bisa menjadi pengganti gula. Kandungan berbagai mineral dan vitamin membantu berfungsinya insulin dalam tubuh, jadi bisa membantu menurunkan kadar gula. Arginin yang tinggi pada buah semangka sangat baik untuk membantu mengobati penyakit diabetes tipe 2.

11# Merawat Kesehatan Mata

Konsumsi buah semangka secara teratur bisa mencegah penyakit rabun ayam. Kandungan vitamin A dan betakaroten pada buah semangka bisa memelihara kesehatan mata. Adanya antioksidan juga bisa membantu menjauhkan dari penyakit mata seperti glukoma dan pengeringan mata.

12# Pencegahan Kanker

Lycopen pada buah semangka bisa mencegah penyakit kanker karena bisa memperbaiki jaringan yang rusak. Dibandingkan dengan antioksidan seperti vitamin E dan C, likopen lebih kuat untuk melawan radikal bebas lebih ampuh. Likopen ini sangat efektif dalam membunuh bibit kanker. Makan semangka setiap hari pun tidak masalah, justru akan mencegah risiko terkena penyakit kanker rahim mulut dan pankreas pada perempuan. Likopen juga bisa mencegah penyakit kaker kerongkongan, rongga mulut, kanker usus, kanker lambug dan anus serta bisa juga mencegah ppenyakit kanker prostat.

13# Mengeluarkan Cacing pada Usus
14# Infeksi Saluran Kandung Kemih

Itulah penjelasan tentang manfaat buah semangka. Banyak orang yang belum mengetahui tentang manfaat yang ada dalam buah semangka. Semangka juga bisa memersihkan terhadap perut dan menghilangkan penyakit.
Masih banyak lagi manfaat yang terdapat pada buah semangka. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kita semua.

Terimkasih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment