Teknik Bermain Drum Yang Benar | WISATAMUSIK

WISATAMUSIK - Bermain drum bukanlah suatu perkara yang mudah untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang baru sekali memegang atau memainkan drum, karena bermain drum harus sinkron antara tangan dan kaki, jadi saat bermain drum yang paling penting adalah focus. Jika kita melihat orang yang sedang bermain drum memang kelihatanya mudah, apalagi kalau kita melihat drummer yang sudah profesional seperti Jerinx SID, Eno Netral, dan Drummer hebat lainnya. Tentu kita tidak tahu bagaimana perjuangan mereka saat belajar drum dari awal hingga profesional, kita hanya melihat yang sudah jadinya saja tanpa tahu yang mereka lakukan saat masih belajar. Sebenrnya bermain drum tidak sulit jika kita mau belajar dan serius. Kuncinya adalah latihan rutin, tekun dan intinya harus sabar. Disini saya akan memberikan teknik-teknik dasar bermain drum
Teknik Dasar Bermain Drum








  • Cara Memegang dan Memukul Drum
  • Ada 2 cara dalam memegang stik drum yaitu : 
    • Teknik Match Grip
      Teknik Match Grip
    Teknik ini sering digunakan pada drummer profesional. Nah, bagi pemula coba-cobalah memakai teknik ini karena teknik ini akan menghasilkan power yang keras dan usahakan memukul bagian tengah snare drum dengan tempo yang konstan. Berlatih terus dengan teknik ini agar bisa menghasilkan tone yang bagus dan tidak terdengar kasar.
    • Teknik Tradisional Grip
    Teknik ini digunakan untuk lagu-lagu lembut / soft, karena suara yang dihasilkan tidak terlalu keras. Posisi stik pada Teknik ini terletak antara jari tengah dan jari manis yang selanjutnya di jepit dengan jempol / ibu jari. Misalnya untuk lagu dengan genre jazz.
     
    Didalam memukul drum juga ada tekniknya yaitu :
    • Rimshot
    Rimshot adalah teknik dimana Anda tidak memukul bagian tengahnya aja tapi Anda juga memukul bagian rimnya atau bagian tepinya. Dengan cara ini suara yang dihasilkan akan jauh berbeda. Bagi Anda seorang drummer rock, biasakan memakai teknik pukulan ini saat latihan supaya suara yang dihasilkan lebih optimal. Tapi, teknik ini juga memiliki kekurangnya yaitu stick akan cepat mudah patah dan bagian tengah-tengahnya akan berserabut.








  • Cara Memijak Pedal Drum dan Hi Hat Drum
  • Ada 2 cara Memijak Pedal Drum dan Hi Hat Drum yaitu : 
    • Teknik Teknik Pedal Menggunakan Ujung Kaki
    Teknik ini sangat efektif digunakan untuk lagu yang bertempo cepat karena power yang dihasilkan lebih keras. Teknik ini juga bagus bagi para pemula karena tone yang dihailkannya akan lebih jelas. Begitu juga pada hi hat, kita akan lebih mudah mengatur tempo hi hat apabila menggunakan teknik ini.
    • Teknik Pedal Flat
    Teknik ini menghasilkan suara yang tidak terlalu keras karena kaki akan menempel pada pedal drum. Teknik ini biasa digunakan pada lagu-lagu santai. Misalnya genre POP.




    Kita sering mendengar dengan kata double pedal. Double pedal adalah dimana drum set memiliki 2 pedal drum. Double pedal sering dengar dalam musik rock, metal, dan scream. Guna double pedal adalah untuk menjaga stamina dan juga untuk melincahkan kaki terhadap pedal. Dalam double pedal ada 2 teknik yaitu hell up ( tumit diangkat ) dan hell down ( tumit tidak diangkat ). Diantara 2 teknik itu, teknik hell up adalah salah satu teknik yang pass untuk menggunakan double pedal. Usahakan dalam bermain double pedal, badan tidak terlalu kebelakang tetapi harus tegak agar tubuh tidak kehabisan stamina dalam menopang badan. Kendalanya double pedal adalah tidak seimbangnya suara pedal kiri dengan yang kanan, tapi jangan jadikan masalah. Salah satu caranya adalah menggantikan posisi drum atau jika lho punyo twin pedal, tidak usah repot-repot membalikkan posisi drum.

    Sekian artikel tentang Teknik Dasar Bermain Drum. Semoga bisa membantu kita semua yang pengen bisa bermain drum. Kuncinya sering-sering latihan Coy, tekun dan sabar.
    Terimakasih 
    Previous
    Next Post »
    Thanks for your comment