Tips Cara Cepat Dan Tepat Bermain Drum Dengan Double Pedal | WISATAMUSIK

WISATAMUSIK - Hallo sobat pecinta musik ? Bisakah sobat bermain drum? Sudah sampai manakah kemampuan bermain drum sobat? Jika ingin menjadi drummer yang professional tentunya harus banyak berlatih. Bagi sobat yang masih pemula belajar drum ada tutorialnya disini. Untuk bisa menjadi drummer professional nggak cuma sekali latihan langsung bisa, bermain drum butuh konsentrasi dan fokus yang tinggi, karena harus menyeimbangkan kekompakan tangan dan kaki. Intinya jika terbiasa bermain drum lama-lama akan kompak dengan sendirinya. Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bermain drum dengan double pedal. Langsung saja saya kasih bahasan nya.
Tips Cara Tepat Bermain Drum Dengan Double Pedal

Bermain Drum Dengan Double Pedal

Jika sobat ingin belajar bermain drum menggunakan double pedal dengan membaca notasi sebenernya tidak perlu, karena bermain double pedal membutuhkan teknik yang susah dan didapat dengan sendirinya. Didalam bermain drum dengan double pedal perlu keseimbangan badan, konsentrasi tinggi dan kontrol yang sepertinya mudah jika melihat orang yang sedang bermain double pedal. Jika sobat mengetahui tentang teknik nya akan terasa mudah dan nyaman. Bermain drum dengan menggunakan teknik double pedal ini jika teknik yang digunakan benar maka tidak akan cepat lelah saat memainkan double pedal.
Ada dua teknik saat menginjak pedal :

1 # Hell Down
Hell Down ini posisi tumit menempel pada pedal seperti menapakan kaki saat berdiri. Teknik ini adalah teknik yang salah untuk memainkan double pedal, karena jika menggunakan teknik ini beater pedal akan menempel pada bassdrum, sehingga sulit untuk menggerakan dengan cepat. Suara yang dihasilkan juga kecil, jadi tidak akan maksimal jika menggunakan tekni ini. Para drummer juga tidak ada / sangat jarang yang menggunakan Hell Down pada saat memainkan double pedal.

2 # Hell Up
Hell Up ini posisi tumit diangkat sehingga ujung kaki saja yang menempel pada pedal. Ini adalah teknik yang benar saat memainkan double pedal, karena hanya ujung kaki saja yang menempel pada pedal drum dan agak dimundurkan hampir ke ujung pedal. Posisi seperti ini dapat dimanfaatkan untuk pedal bass yang secara otomatis akan terpental kembali dengan mengandalkan pegas yang ada di pedal tadi. Jadi untuk teknik ini sangat cocok untuk bermain double pedal dan tidak perlu bersusah payah lagi mengangkat kaki lagi karena pedal akan mengangkat kaki dengan bantuan pegas tadi. Kaki hanya menginjak dan terpental dengan sendirinya jadi tidak perlu buang-buang energi mengangkat kaki.

#1 : Jika dirumah punya drumset sendiri sering-sering latian double pedalnya, tapi jika tidak ada bisa dengan duduk biasa dan menggerakan kaki secara bergantian kanan-kiri. Teruslah dicoba selama 2-4 menit. Setelah kanan-kiri selesai tinggal kembangkan menjadi kiri-kiri-kanan-kanan (LLRR) untuk melemaskan kaki kiri agar tidak kaku. Selain pola tadi bisa juga mencoba pola seperti ini : LRLL RLRR LLLR RRRL secara terus menerus untuk melemaskan kaki, atau bisa juga menggunakan pola sesuka hati sobat.
#2 : Gunakan Tempo Control atau aplikasi Android pengatur tempo (Bisa didownload di GooglePlay) untuk mengatur tempo agar selaras / sama. Gunakan tempo yang lambat terlebih dahulu baru naik ke tempo selanjutnya secara perlahan. Sering latihan minimal 30 menit sehari agar cepat lancar. Setelah stabil / lancar, tambahkan dengan memukul Senar, Tom dan Splash pelan-pelan, aturlah duduk senyaman hati sobat karena duduk akan mempengaruhi dalam bermain double pedal.

Nah itulah artikel tentang bermain drum dengan double pedal. Saran saya jangan malas untuk berlatih, siapa tahu bisa menjadi drummer hebat seperti yang sobat idolakan atau bahkan bisa melebihi. Semoga bisa membatu para sobat semua.
Terimaksih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment