Teknik dan Cara Bermain Bass Dengan Cepat | WISATAMUSIK

WISATAMUSIK - Para sobat gimana kabarnya? Pastinya sehat seperti apa yang kita semua harapkan ya, aamiin. Tahu alat musik gitar bass? Gitar bass adalah alat musik yang mirip dengan gitar, hanya saja gitar bass memiliki nada lebih rendah sebagai pengisi dan pemberi tempo irama nada. Jika sobat yang ingin juga untuk belajar gitar bisa baca artikel yang sebelumnya saya sudah tulis, silahkan baca disini.
Langsung saja saya akan berbagi ilmu kepada para sobat-sobat pecinta musik sekalian. Okee mulai yukk.
Teknik dan Cara Bermain Bass Dengan Cepat

Teknik dasar bermain gitar bass ada 3, yaitu :
1. Teknik Strumming, ini adalah teknik pemetikan senar gitar bass.
2. Teknik Scale, teknik ini sama dengan gitar, yaitu peta / pembagian nada antara fret/grip
    1 ke fret/grip yang lainnya.
3. Teknik Chord, yaitu gabungan dari dua nada atau lebih untuk menghasilkan suatu nada
    dalam satu suara.

Pengenalan Dengan Alat Musik Gitar Bass

Seperti yang kita lihat, gitar bass mempunyai 4 senar, ada juga yang 5 sampai 6 senar, biasanya ini digunakan untuk para basiss yang sudah handal dan professional, seperti untuk memainkan lagu-lagu punk, jazz dan progressive. Untuk para pemula saya sarankan gunakan yang memiliki 4 senar dulu untuk belajar. Jugaan gitar bass yang sering diugunakan umumnya yang memiliki 4 senar.
Nada dalam senar gitar bass :

Pada gambar disamping dapat kita lihat
- Senar paling atas adalah nada E
- Senar nomer 2 dari atas adalah nada A
- Senar nomer 3 dari atas adalah nada D
- Senar nomer 4 dari atas adalah nada G

Setelah tahu tentang pengenalan gitar bass mulailah mencoba bermain dengan teknik-teknik yang digunakan dalam memainkan gitar bass. Disini saya akan memberikan teknik bermain gitar bass, yaitu :

1. Alternate Picking
Teknik ini yang paling banyak digunakan para pemain bass. Hampir semua bassis menggunakan teknik ini, karena alternate picking adalah teknik yang dasar untuk bermain bass. Cara memainkan dengan teknik ini adalah menggunakan dua jari tangan biasanya memakai jari telunjuk dan jari tengah secara bergantian.

2. Up Down Thumb
Teknik ini hampir mirip dengan bermain gitar, dengan menggunakan keemapat jari tangan untuk memetik senar seperti teknik alternate picking, hanya saja teknik ini memtik senar dengan mengguakan jempol kita.

3. Slapping
Didalam teknik ini sama seperti menampar, yaitu dengan memukul senar menggunakan jempol / telapak tangan, suara yang dihasilkan cenderung keras dan kasar beda seperti teknik alternate picking yang cenderung lembut didengarkan.

4. Popping
Teknik ini dimainkan dengan cara menarik senar gitar menggunakan dua jari biasanya dengan jempol dan telunjuk terus dilepas kembali sehingga senar akan beradu dengan fret/grip bass. Suara yang dihasilkan akan menjadi unik dan agak tinggi. Teknik ini bisa menarik dua senar sekaligus yang biasanya disebut dengan double pluck.

5. Tapping
Teknik ini sering digunakan dalam bermain gitar untuk melodi, cara memainkan teknik ini dengan menekan senar menggunakan ujung jari pada fret/grip dan menggeser jari sedikit seperti mencolek.

6. Neck Bending
Teknik ini dilakukan ketika memetik senar, tekan senar pada headstock (biasanya digunakan untuk menyetem/menyetel). Suara yang dihasilkan seperti suara mendengung.

Itulah teknik dan cara bermain bass. Semoga artikel ini bisa membantu sobat sekalian untuk belajar bass dan menjadi bassis yang hebat. Sering-sering latihan, karena semakin banyak latihan akan membuat sobat sekalian menjadi cepat mahir dalam bermain bass.
Terimakasih.      
Previous
Next Post »
Thanks for your comment