Tips Memilih Bass Kualitas Bagus | WISATAMUSIK

WISATAMUSIK - Apa kabar para sobat pecinta musik? Disini saya akan berbagi ilmu kembali tentang tips memilih bass yang berkualitas bagus. Sebelumnya saya juga sudah menulis artikel tentang bermian bass juga (baca disini). Dalam memilih bass tentu perlu juga memperhatikan kualitas, jangan cuma melihat dari bentuk fisiknya saja. Yang dibutuhkan dalam bermain bass adalah suara yang dihasilkan, kenyamanan dalam memainkan dan baru bentuk fisiknya (tidak terlalu penting kalau menurut saya). Baik langsung saja saya kasih tipsnya.

Tips Memilih Bass Kualitas Bagus

Tahap memilih bass berkualitas bagus :

1 # Badget - Beli lah alat musik bass sesuai dengan ini kantong sobat. Sesuaikan dengan isi dompet jangan tergiur dengan bentuk yang bagus dan berharga mahal, karena yang mahal belum tentu kualitas terbaik.

2 # Genre - Sebelum membeli bass pilihlah genre apa yang akan sobat mainkan, misalnya pop, rock, jazz dan sebagainya. Perlu juga gaya maen gimana yang sobat akan gunakan, misalnya bassline, slap, strum dan sebagainya. Karena beda genre dan teknik yang digunakan akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

3 # Menentukan Merk - Jika sobat belum mengetahui tentang merk-merk bass saya sarankan cari informasi sebanyak-banyaknya, bisa dari internet, teman yang sudah tahu banyak tentang bass atau guru less sobat. Tiap merk tentu meiliki ciri khas suara yang dihasilkan, jadi pilihlah sesuai dengan musik apa yang akan sobat mainkan (nggak perlu harga yang mahal yang penting pass, nyaman dihati).

4 # Jumlah Senar Yang Digunakan - Pemilihan senar disini sesuai dengan apa ang dibutuhkan, semakin banyak senar yang digunakan semakin banyak juga tone atau nada yang bisa dieksplore. Yang mempengaruhi bagus tidaknya adalah pemain (bassis) barulah gearnya.

5 # Kontruksi / Bentuk - Untuk jenis neck ada dua, yaitu Neck-thru dan Bolt-on. Perbedaannya neck-thru lebih sustain saja. Beberapa istilah juga muncul untuk spec bass, yaitu :
- Laminated, kayu yang igunakan bukan kayu solid, tetapi dalam bentuk lapisan multiplek. Tidak sepadat kayu solid.
- Chambered, bodynya dilubangi / dibuat lubang.
- Veneer, motif atau corak pada lapisan bodi, hanya memberi motif tidak pengaruh dengan suara yang dihasilkan.
Perhatikan kenyamanan dalam bermain bass, jika menurut sobat bass yang dipakai tidak nyaman maka akan kurang ada chemistry sehingga suara yang dihasilkan kurang bagus.

6 # Terakhir - Sebelum setuju akan bass yang hendak dibeli, nggak ada salahnya jika mencoba untuk melihat seberapa bagus suara yang dihasilkan. Ajaklah teman yang bisa dipercaya atau orang yang mengerti banyak soal bass.

Sekian tentang tips memilih bass berkualitas bagus. Saran saya jangan membeli bass bekas atau seken kecuali membeli dari teman sobat yang dapat dipercaya. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi sobat sekalian.
Terimakasih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment