Tips Cara Bermain Keyboard Dengan Cepat Dan Mudah | WISATAMUSIK

WISATAMUSIK - Apa kabarnya sobat pecinta musik? Kali ini saya akan berbagi ilmu kembali tentang musik kepada Anda semua. Saya akan menjelaskan tips bermain keyboard/piano untuk pemula. Prinsip bermain keyboard adalah dengan cara memainkan melodi dan iringan secara bersamaan, sehingga menghasilkan musik yang utuh dari satu alat musik yang diamainkan. Pada dasarnya bermain keyboard tidak sulit, asalkan kita mau beajar dan tekun untuk bisa, tetapi jika ingin bisa namun malas-malasan akan mustahil untuk bisa bermain keyboard ini. Sebenernya semua alat musik sama nada dan kuncinya, hanya cara memainkannya yang berbeda, seperti gitar, bass dan lainnya. Baik langsung saja saya kasih tipsnya.
Belajar Bermain Keyboard

Bermain Keyboard Untuk Pemula

1# Posisi Tangan dan Jari
Perlu diperhatikan saat memainkan keyboard posisi tangan dan jari agak menekuk atau seperti memegang telur. Hal ini untuk membuat tangan dan jari menjadi cepat geraknya saat memainkan keyboard. Jangan menganggap teknik ini sepele, karena ini adalah dasar untuk bermain keyboard dan akan sangat mempengaruhi skill bermian Anda.

2# Mengenal Kunci Nada
Ini penting, pengenalan kunci nada dari mayor hingga mayor perlu Anda ketahui saat bermain keyboard atau musik. Karena jika Anda bermain musik tanpa tahu / mengerti kunci nada musik yang dihasilkan jelek dan akan berantakan. Contoh akord C, G, Am, Em, F, C, Dm, G, ini adalah akord dasar untuk memainkan nada lagu.

3# Peletakan Jari Untuk Chord
Untuk membunyikan chord / kunci nada biasanya menggunakan 3 jari, tetapi ada juga yang lebih dengan melihat jenis dan nama kunci yang akan dimainkan. Posisi tangan untuk memainkan kunci adalah jempol, jari telunjuk, jari manis (bisa juga menggunakan jari kelingking) dan jari tengan digunakan untuk tambahan saja, misalnya kunci C7 yang perlu menggunakan lebih dari 3 jari untuk melakukannya.

4# Melatih Kelemasan Jari
Untuk melatih teknik ini dengan cara memindahkan jari tangan dari satu nada ke nada yang lainnya dan dilakukan rutin minimal 1 jam sehari. Untuk pemula lakukan teknik dasar berikut : C ke E ke G dengan jari jempol di nada C, jari telunjuk di nada E dan jari manis dinada G, lakukan terus menerus 10 sampai 15 menit sampai tangan tidak kaku, dan ganti dengan pindah nada sesuai dengan yang Anda inginkan.

5# Memahami Jenis Musik
Untuk latihan carilah lagu yang Anda sudah hapal, lalu pahami lagunya dan cari akordnya. Setelah paham cobalah memainkan dengan keyboard pelan-pelan dulu lama-lama juga akan lancar dengan sendirinya. Saran saya jangan menghapal akordnya tapi pahami konsepnya, karena jika menghapal akord jika ganti lagu lain Anda harus mencari akord lagunya lagi nggak langsung tahu akord apa yang digunakan. Itulah pentingnya menguasai konsep.

6# Mempelajari Lagu
Seperti yang saya katakan sebelumnya jika memainkan lagu jangan dihafal akordnya yang penting tahu konsepnya. Jika sudah ngerti konsep belajar akan semakin mudah dan latihlah dengan lagu-lagu yang Anda suka.

7# Kontrol Tempo
Jika Anda pemula jangan bermain dengan tempo yang cepat, mulailah dengan menggunakan tempo yang lambat lalu naik pelan-pelan dengan tempo yang lebih cepat. Disini juga akan melatih jari untuk terbiasa dan tidak kaku.

8# Tekun
Latihanlah rutin untuk bisa bermain keyboard, segala sesuatu ini perlu dengan perjuangan. Latihan minimal 1 jam sehari, lakukan teknik-teknik dasarnya terlebih dahulu. Ini akan sangat membantu Anda untuk cepat bisa.

9# Berdoa
Jangan lupa berdoa. Segala sesuatu yang diawali dengan berdoa akan menjadi indah pada akhirnya. Usahakan berdoa sesuai kepercayaan masing-masing kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dimudahkan latihannya. Dan tekuni apa yang Anda kejar pasti akan lebih mudah.

Itulah tips dari saya tentang bermain keyboard. Saran saya latihan yang rutin, tekuni dan sabar untuk bisa bermain keyboard. Semoga dapat membatu dan bermanfaat bagi kita semua.
Terimakasih.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
3 August 2017 at 22:23 ×

thank,s buat penjelasanya mas sangat membantu,,

Reply
avatar
Thanks for your comment